CATAT!!!! Mahasiswa Sering Titip Absen Jarang Jadi Orang Sukses

STIE Sampit Datangkan Motivator Berskala Nasional

PROKAL.COSAMPIT– Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Sampit mendatangkan Aryan Haris, motivator nasional, Rabu (14/11). Dalam kesempatan itu mahasiswa STIE Sampit diajarkan menjadi pekerja dan pengusaha yang profesional.

Dalam sambutannya, Ketua STIE Sampit HM Thamrin Noor mengatakan bahwa mahasiswanya harus menjadi pekerja dan pengusaha yang profesional. Thamrin juga memotivasi mahasiswanya untuk bisa kuliah sambil bekerja.

”Saya pun kuliah sambil berdagang. Saya sadar akan kemampuan orang tua saya. Pokoknya learning by doing. Yang jadi pekerja silakan. Yang jadi pengusaha silakan. Keduanya baik, tapi tentu pekerja dan pengusaha yang profesional,” kata Thamrin di hadapan ratusan mahasiswanya di Kampus Biru.

Sebagai generasi intelektual mahasiswa dituntut berpikir cerdas. Terutama saat menyikapi berbagai fenomena dan peristiwa yang terjadi di tengah masyarakat kini.

Sementara itu,  Aryan Haris, motivator yang dihadirkan dalam seminar itu memberikan  wawasan kepada mahasiswa-mahasiswi kampus yang beralamat di Jalan Walter Condrat itu. Dia menyampaikan materi wawasan kewirausahaan dan persiapan memasuki dunia kerja.

Dalam kesempatan itu Aryan mengatakan bahwa ciri-ciri mahasiwa yang bakal sukses di masa depannya adalah mahasiswa yang fokus. ”Mahasiswa yang jarang sukses itu yaitu yang sering titip absen,” singgungnya.

Memasuki dunia kerja Aryan memberikan sejumlah tips agar tak menjadi pengangguran saat lulus kuliah. Salah satunya, dengan memanfaatkan segala peluang yang ada di depan mata.

”Jangan terpatok dengan jurusan apa anda kuliah. Bila ada peluang ambil. Tuhan memberikan kesempatan anda di bidang lain,” kata pria yang juga Ketua Persatuan Entrepreneur Muda Indonesia (PEMI) tersebut.

Aryan yang juga pelatih sumber daya manusia ini memberikan sejumlah tips sebagai ciri pekerja profesional memasuki lapangan kerja. Salah satunya dengan memerhatikan surat lamaran kerja sebelum dikirim ke perusahaan. Di pembahasan ini ternyata banyak hal yang kerap dianggap remeh namun justru penting bagi perusahaan. Hingga akhirnya berujung lamaran diterima atau ditolak mentah-mentah.

STIE Sampit sebagai salah satu perguruan tinggi terkemuka di Sampit sangat menyadari kepentingan pengetahuan seperti ini. Sebab itu berbagai kegiatan yang sifatnya pelatihan kerap digelar bagi mahasiswanya. Hal ini dimaksud agar mahasiswa menjadi lebih profesional di dunia usaha dan dunia kerja. Meski sebagian besar mahasiswa STIE Sampit kini sudah berkecimpung di dua dunia itu. Hal inilah yang jadi salah satu daya tarik kampus yang terakreditasi B tersebut. (oes/yit)