Makna Lambang

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Sampit memiliki lambang khusus yang berbentuk Segi Lima(5), yaitu ;

Arti Wujud :

  1. Dasar Segi Lima (5) tersebut menggambarkan bahwa pancasila adalah sebagai Landasan dasarnya perbuatan dan pemikiran.
  2. Bunga Melati Mekar, merupakan Perlambang Putra-Putri harapan bangsa yang mampu sanggup secara mandiri dalam upayanya untuk selalu mempertahankan kehidupannya dimanapun ia berada dan senantiasa memberikan pengabdian yang luhur dan suci.
  3. Padi dan Kapas, ini menggambarkan pada suatu cita-cita dan tujuan, dalam menciptakan bangsa yang makmur, adil dan sejahtera sedangkan untuk tujuh belas (17) butir padi dan (2) Tangkai kapas masing-masing sebanyak delapan (8) dan enam(6) Kuntum kapas semuanya itu artinya sebagai tahun berdirinya Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sampit, yakni pada tanggal 10 juli 1986
  4. Kalam (Pena) Bulu burung Bersilang dengan Mandau dilatar belakang oleh Belanga (guci), tentunya maksud dari beberapa pernik tersebut adalah untuk melambangkan perbuatan amal dan karya ilmiah yang selalu diiringi dengan kewaspadaan dalam berbuat, berpikir, dan selalu ikut serta dalam melestarikan nilai- nilai luhur kebudayaan bangsa indonesia.
  5. Motto “HABARING HURUNG” ini yang berbunyi kalimatnya dalam bahasa Dayak Ngaju, yang Artinya Gotong Royong, maksunya tidak ada sesuatu pekerjaan yang akan dirasakan berat bilamana pekerjaan tersebut dilakukan dengan saling bahu membahu atau secara bersama.

Arti Warna Warni :

  • Warna Kuning Emas dalam bidang segi lima (5) ini berarti keagungan, keluhuran, kemulian amaliah.
  • Warna Putih pada bunga Melati, berarti suci bersih tanpa pamrih.
  • Warna Hijau berarti kesuburan dan kemakmuran.
  • Warna Hitam berarti kekekalan dan keabadian.